Monday, April 3, 2017

Oleh-Oleh Khas Bandung yang Wajib Dicoba!

Setiap daerah tentunya memiliki makanan khas daerah masing-masing yang unik. Setiap pelancong yang datang ke daerah–daerah yang ada di Indonesia tentunya wajib untuk mencicipi atau membawakan sanak saudara oleh-oleh makanan dari daerah tersebut. Contohnya saja daerah Bandung yang disebut dengan kota kembang ini memiliki makanan khas yang bernama Peyeum. Namun, seiring dengan berjalannya waktu Bandung mulai terkenal dengan berbagai kuliner yang terbuat dari aci ataupun tepung kanji. Tak hanya itu masih banyak bermunculan makanan khas terbaru yang meman menjadi buruan para pendatang. Lalu, apa saja makanan oleh-oleh dari Bandung tersebut yang sedang hits? Berikut ini uraiannya! 

1. Batagor (Baso Tahu Goreng)
Makanan oleh-oleh Bandung yang perlu Anda bawa dan cicipi ini memang sudah ada sejak dahulu. Dimulai dari pedagang yang berjualan menggunakan roda ataupun pedangang yang sudah memiliki brand besar. Setiap sudut kota Bandung akan Anda lihat betapa banyaknya penjual yang menjajakan makanan ini. 
Batagor pun pada mulaunya hanya menggunakan bumbu saos kacang dengan tambahan sambel. Namun, seiring dengan banyaknya permintaan batagor pun mulai bisa Anda cicipi dengan menggunakan kuah. 


2. Cireng (Aci Goreng)
Makanan selanjutnya adalah cireng yang terbuat dari aci ataupun tepung kanji. Dalam pengolahannya aci ini diracik dengan menggunakan bumbu-bumbu rempah sehingga menghasilkan rasa yang enak. Paling nikmat bila dicocol dengan saos bumbu kacang atau pun saos pedas. Belakangan muncul inovasi baru bumbu cireng dengan menggunakan bumbu rujak. So, pasti rasanya pun tak kalah enak dan untuk penggemar pedas wajib untuk mencobanya. Selain inovasi dalam bumbunya, berbagi merk cireng pun bermunculan salah satunya adalah cireng salju. 


3. Cilok (Aci Dicolok)
Kata dicolok bilah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah aci yang ditusuk. Keberadaan cilok sendiri memang berawal dari seorang mamang yang berjualan di sekitar sekolah menggunakan sepeda atau roda dengan menajajakan aci yang direbus. 

Harganya pun terjangkau cukup pas untuk ukuran anak sekolah. Bumbu yang disajikan biasnya seperti bumbu saos, kacang, ataupun kecap. Belakangan juga cilok ini menjadi makanan yang wajib dibawa oleh pelancong karena memang jarang ditemui di daerah lain. cilok juga mengalami inovasi terbaru karena ada yang memadu padankannya dengan makanan lain contohnya “Baciga” kepanjangan dari Basi Aci Iga yang memang cilok tersebut dibuat dengan menggunakan kuah dan daging iga pilihan.  



4. Brownies Amanda
Brownies ini menjadi pelopor lahirnya brownies-brownies lain. Brownies yang tercipta karena “gagal” ini menjadi buruan bahkan menjadi tersohor se-Indonesia. Nah, brownie sini juga menjadi produk oleh-oleh andalan kota bandung yang wajib Anda cicipi dan bawa untuk sanak sodara. 


5. Pisang dan Peyeum Bolen
Selanjutnya ada pisang dan peyeum bolen yang menjadi oleh-oleh khas Bandung yang wajib dibawa oleh setiap pendatang. Kedua produk ini bisa didapatkan di tempat oleh-oleh Bandung yang sudah terkenal. Ketika Anda menyebutkan kedua produk ini, siapapun sudah akan mengerti dan akan membawa Anda ke tempat yang dimaksud. 


Itulah produk oleh-oleh andalan khas Bandung yang wajib Anda bawa untuk sanak sodara. Produk-produk di atas bisa Anda dapatkan secara online ataupun bisa ditemui di pusat oleh-oleh kota Bandung yang tersebar di daerah Cihampelas, Paster, pasar baru, dan daerah lainnya. 

No comments:

Post a Comment

Bandung Creative Hub: Tempat Nongkrong Anak Bandung Zaman Now!

Akhir 2017 kemarin, saya menyempatkan dir untuk mengunjungi salah satu tempat fenomenal di kota Bandung. Tempat tersebut bernama “Bandung C...