Thursday, November 9, 2017

Jambore Literasi, Event Literasi Terbesar di Jawa Barat

Pada tanggal 1 sampai 2 November 2017, Di Bumi perkemahan Kiara Payung, Kabupaten Sumedang telah dilaksanakan sebuah kegiatan pertama dan terbesar di Indonesia khususnya di Jawa Barat. Acara tersebut bernama Jambore literasi. Dimana pesertanya berasal dari 27 kota dan kabupaten di Jawa barat. Total peserta dalam kegiatan tersebut berjumlah 2.500 orang usia kelas 4 SD sampai 2 SMP.
Panitia Beserta Bunda Literasi Jawa Barat

Para peserta adalah siswa-siswi Jawa barat terbaik yang telah menaklukan tantangan West Java Leader’s Challenges atau dikenal dengan WJLRC. Para peserta ditantang untuk membaca buku selama 10 bulan  dengan minimal membaca 24 buku dalam waktu yang ditentukan tersebut. Setiap sekolah membuat 8 kelompok yang terdiri dari 5 orang siswa dengan masing-masing satu guru pembimbing.



Mereka yang ikut tantangan harus mengirimkan reviu dari hasil bacaannya. Hasil reviu tersebut dikirimkan ke website literasi dan dinilai serta dipantau tiap bulannya. Siswa juga tidak saja ditantang untuk membaca tetapi dilatih untuk menumbuhkan kepercayaan dirinya dengan mempresentasikan hasil buku yang telah dibacanya.

Pada awal November kemarin, siswa yang berhasil menaklukan tantangan tersebut berhak mengikuti kegiatan Jambore Literasi. Dalam acara tersebut terdapat 6 venue yang dapat diikuti siswa maupun guru. Seperti Venue Kaulinan barudak yang menampilkan permainan tradisional, venue write a thon dimana anak-anak harus meneruskan dan mengembangkan sebuah tulisan yang telah disiapkan panitia, venue tantangan wjlrc, venue pemburu harta karun, venue team building, dan venue untuk workshop guru.



Dalam venue yang diikuti tak ada yang kalah maupun memang namun dipilih siswa yang tercepat untuk menaklukan tantangan. Mereka pun harus membaur dengan teman-teman dari sekolah lain dari Jawa Barat. Walhasil selain mendapat pengalaman baru mereka pun mendapatkan sahabat baru dari daerah lain di Jawa barat.





Pada acara pembukaan, bunda literasi Jawa barat, Ibu Netty Heryawan hadir untuk membuka acara tersebut. beliau pun tak lupa berpesan pada generasi milenial agar tak surut untuk membaca buku agar menjadi orang sukses di masa depan. workshop guru pun diisi oleh Tethy Ezokanzo seorang penulis cerita anak serta Irfan amalee yang dikenal juga sebagai penulis. Sesuai dengan temanya jambore tersebut mengangkat tema “Taklukan Tantangan, Menjadi Cahaya Peradaban” diharapkan anak-anak tersebut bisa menjadi pemimpin di masa yang akan datang. 

No comments:

Post a Comment

Bandung Creative Hub: Tempat Nongkrong Anak Bandung Zaman Now!

Akhir 2017 kemarin, saya menyempatkan dir untuk mengunjungi salah satu tempat fenomenal di kota Bandung. Tempat tersebut bernama “Bandung C...